Senin, 31 Oktober 2016

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran berbasis TIK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3
TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU

Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah TIK dan Media Pembelajaran
Dosen Pengampu: Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D


Oleh :
Annisa Dyah Rahayu        ( 14011415017 )






PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2016





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I.                   Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan teks yang telah ditulis siswa sebelumnya, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas dengan percaya diri.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
3.      Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan teman, siswa dapat membuat pertanyaan yang berkaitan dengan cerita dengan penggunaan EYD yang cermat.
4.      Dengan mengamati gambar dan mengetiknya di Microsoft word siswa dapat membuat kalimat tanya berdasarkan gambar dan melatih kemahiran siswa dalam mengetik dan menggunaan microsoft word
5.      Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menentukan gambar yang sesuaian dengan perkalian yang diketahui dengan cermat.
6.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung perkalian sederhana dengan cermat.
7.      Dengan mempelajari contoh, siswa dapat membuat perkalian yang hasil kali sudah ditentukan dengan cermat.
8.      Dengan membaca bacaan dari internet  siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dengan cermat dan juga melatih siswa untuk mahir mencari dan melilah informasi di internet
9.      Dengan melihat video membuat karya dari youtube siswa dapat memiki banyak reverensi membuat prakarya dari daun.
10.  Dengan memahami cara membuat karya kreatif, siswa dapat membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan benda alam di lingkungan sekitar rumah teman melalui kegiatan menggunting (daun pisang, daun nangka, daun mangga) dengan cermat dan bertanggung jawab.

IV.   Materi Pembelajaran

1.    Membaca teks narasi
2.    Membuat dialog pertanyaan dimicrosoft word
3.    menentukan gambar yang sesuaian dengan perkalian yang diketahui
4.    menghitung perkalian sederhana
5.    membuat perkalian yang hasil kali sudah ditentukan
6.    membuat karya kreatif dengan reverensi melihat di youtube
7.  mencari sumber informasi mengenai bahan alam yang dapat dijadikan karya


V. Pendekatan, Model dan Metode

Pendekatan              : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi/ menalar, dan mengomunikasikan).
Metode                     : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan,Eksplorasi

VI.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

Pra Kegiatan:
  1. Guru memberikan salam
  2. Siswa berdo’a dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk.
  3. Guru memeriksa kehadiran siswa.
Fase 1 (Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa)
  1. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  2. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi (apersepsi).
  3. Siswa memperhatikan tema dan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

15 menit
Kegiatan Inti
Fase 2 (Menyajikan informasi)
1.      Guru membeikan informasi mengenai kalimat Tanya yang sering dijumpai dalam lingkungan rumah maupun disekolah
2.      Guru memberi arahan kepada siswa untuk mengamati gambar dengan cermat.

3.      Pada awal pembelajaran siswa menyimak penjelasan guru tentang tugas menulis cerita Acara Ulang Tahun Edo yang telah dibuat siswa pada pembelajaran sebelumnya Siswa membacakan cerita yang telah ditulis dengan suara nyaring dan menarik (mengomunikasikan).
4.       Siswa membuat pertanyaan berdasarkan cerita Acara Ulang Tahun Edo dengan dengan memperhatikan dengan penggunaan EYD (menanya).
5.       Siswa melakukan kegiatan tanya jawab dari kalimat tanya yang dibuat dengan temannya (menanya).
6.       Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan (mengumpulkan informasi).

Fase 3 (Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar)
7.      Guru membagi siwa menjadi beberapa kelompok belajar, kemudian menjelaskan tata cara dalam berkelompok.
8.      Guru menampilkan beberapa gambar dilayar LCD
9.      Siswa secara berkelompok mengamati dan mendeskripsikan gambar dilayar LCD

Fase 4 (Membimbing kelompok bekerja dan belajar)

10.  Siswa ditugaskan membuat dialog singkat dengan mengandung unsur kalimat tanya yang sesuai dengan gambar dan diketik di Microsoft Word  (menanya).
11.  Siswa mendiskusikan kalimat tanya yang dibuat sesuai dengan pengamatan gambar (mengasosiasi).
Fase 5 (Evaluasi)

12.  Dialog yang sudah dibuat kemudian dipresentasikan didepan kelas dan guru menilai hasil diskusi siswa

Fase 6 (memberikan penghargaan)
13.  Guru memberikan penghargaan kepasa kelompok yang memiliki nilai tertinggi.

Kegiatan II
Fase 2 (Menyajikan informasi)

14.  Guru membimbing siswa mencermati soal matematika yang ada di buku
15.  Siswa diajak menentukan gambar  yang sesuai dengan contoh soal matematika yang dibaca dengan menggunakan tanda centang (mengasosiasi) bersama-sama


 

 




Fase 3 (Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar)
16.  Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang.

Fase 4 (Membimbing kelompok bekerja dan belajar)

17.  Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok
18.  Siswa dan guru mengecek bersama dengan menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya.
19.  Guru membagikan 40 butir kelereng untuk setiap kelompok
20.  Siswa membaca contoh soal matematika tentang “Edo mempunyai 40 kelereng”
21.  Guru bersama siswa menentukan perkalian yang hasilnya 40
22.  Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok

Fase 5 (Evaluasi)

23.  Siswa dan guru mengecek bersama dengan menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya
24.  Guru memberikan umpan balik pada hasil kerja kelompok. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru ketika tabel yang dibuat oleh kelompok masih perlu diperbaiki.
25.  Hasil kerja kelompok diberi skor oleh guru.

Fase 6 (memberikan penghargaan)

26.  Kelompok mendapat predikat berdasarkan skor yang diperoleh, kelompok yang mendapat nilai tertinggi mendapat penghargaan dari guru.

27.  Siswa diminta untuk kembali ke posisi semula

Kegiatan III
28.  Guru membimbing siswa mencari sumber informasi mengenai bahan alam di lingkungan sekitar yang bisa dibuat karya kreatif  di Internet dan kemudian dicatat di buku tulis masing-masing
29.  Guru meyuruh siswa melihat cara membuat karya dari daun di youtube
30.  Setiap siswa membuat karya kreatif dengan menggunakan benda alam dari lingkungan sekitar rumah melalui kegiatan menggunting (daun pisang, daun nangka, daun kelapa) sesuai dengan yang dilihatya diyoutube

165 menit
Penutup
Fase 5 (Evaluasi)
1.      Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja mereka lakukan dengan menjawab pertanyaan:
-          Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
-          Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
-          Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
-          Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari setalah tadi kita belajar?
2.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.    Guru bersama siswa melakukan refleksi.
4.    Siswa mengerjakan evaluasi
5.    Guru memberikan tindak lanjut berupa pengayaan dan remidial.
6.    Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
Fase 6 (memberikan penghargaan)
7.   Guru memberikan penghargaan pada siswa aktif dikelas
8.    Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
15 menit

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus